FORUM GABUNGAN PERANGKAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG 2018

FORUM GABUNGAN PERANGKAT DAERAH PROVINSI LAMPUNG 2018

Pemerintah Provinsi Lampung melalui Bappeda Provinsi Lampung menggelar Forum Gabungan (FORGAB) Perangkat Daerah Provinsi Lampung Tahun 2018 di Gedung Pusiban Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin-Selasa (26-27/3/2018). Forum yang dihadiri oleh Perangkat Daerah dan Bappeda Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung ini digelar dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2019.

 

Kepala Bidang Makro dan Evaluasi Bappeda Provinsi Lampung, Indra Permana Amurwaraharja mengatakan, tujuan dari pelaksanaan FORGAB ini adalah untuk memastikan agar program dan kegiatan yang dirancang oleh perangkat daerah telah selaras dengan dokumen RENSTRA perangkat daerah dan RPJMD Provinsi Lampung Tahun 2015-2019. 

 

Forum ini dibuka langsung oleh Plt. Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis dan dilanjutkan dengan pemaparan tiga (3) materi dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Badan Keuangan Daerah (Bakeuda), dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung. "Setelah itu, akan ada forum penyelarasan atau sinergi lintas OPD yang dilaksanakan dalam bentuk Desk Pembahasan RENJA Perangkat Daerah dari Senin siang sampai dengan Selasa," kata Indra.

 

Strategi pendekatan perencanaan yang digunakan, masih Indra, adalah Holistik-Integratif-Tematik dan Spasial (HITS). Melalui pendekatan ini diharapkan kerangka pendanaan yang akan disusun mendukung penerapan kebijakan keuangan money follow program priority.

 

"Kami harap dari Forgab ini akan tersusun rumusan program pembangunan yang saling bersinergi antarsektor maupun antarjenjang pemerintahan yang nantinya akan digunakan sebagai bahan masukan dalam perumusan Rancangan Akhir RKPD," harap Indra diakhir laporannya.

 

Dalam kesempatan tersebut, seluruh Bappeda kabupaten/kota di Provinsi Lampung menyerahkan usulan program yang diawali oleh Kota Bandar Lampung diikuti 14 kabupaten/kota lainnya, yakni Metro, Lampung Selatan, Lampung Utara, Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Way Kanan, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat dan Pesisir Barat.