PELUNCURAN LOCALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) IN LAMPUNG
img
Bappeda
PELUNCURAN LOCALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) IN LAMPUNG

Berita Details

img
Rabu 01 November 2017 - 10:55:12, Dibaca 811
PELUNCURAN LOCALIZING SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) IN LAMPUNG

Pemerintah Provinsi Lampung, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung, bekerjasama dengan United Nation Development Programme (UNDP) Indonesia, menyelenggarakan kegiatan Localizing Sustainable Development Goals (SDGs) in Lampung atau Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Provinsi Lampung. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah lanjutan pasca disepakatinya 17 Tujuan 169 Target dan 240 Indikator sebagai agenda SDGs Global pasca berakhirnya Millenium Development Goals (MDGs). Adapun ditingkat nasional, agenda SDGs telah diadaptasi melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB).

 

Mengusung tema Penguatan Sinergi Pusat dan Daerah serta Pemangku Kepentingan dalam Mendukung Pencapaian TPB di Lampung dan Kontribusinya terhadap Nasional, kegiatan Melokalkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di Provinsi Lampung berusaha menyasar 3 isu utama yaitu :

1. Pengintegrasian SDGs/TPB dengan Dokumen Perencanaan Daerah (RPJMD Provinsi/Kabupaten/Kota)

2. Meningkatkan keterlibatan aktif para pemangku kepentingan (stakeholder) pembangunan dengan menjadikan SDGs/TPB sebagai isu pembangunan bersama

3. Ketersediaan alat ukur kinerja berupa data yang berkualitas, terintegrasi dan mudah diakses.

 

Kegiatan dilaksanakan tanggal 31 Oktober 2017 bertempat di Swissbell Hotel dan dihadiri + 150 peserta yang terdiri dari unsur FORKOPIMDA Provinsi, Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota, Pimpinan Instansi Vertikal, Akademisi, Kalangan Dunia Usaha, Organisasi Kemasyarakatan, Media Massa di Provinsi Lampung, selain itu juga turut hadir unsur Kementerian PPN/Bappenas, UNDP Indonesia, Sekretariat SDGs Provinsi Riau dan yang tidak kalah penting yaitu hadirnya Kalangan Dunia Usaha dan Filantropi Indonesia.

 

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung ini juga dipaparkan materi terkait SDGs/TPB yang disampaikan oleh Irman G. Lanti yang merupakan Senior Technical Advisor UNDP Indonesia, dan sesi diskusi yang menghadirkan  5 panelis, yaitu: 1) Christophe Bahuet selaku Country Director UNDP Indonesia;    2) DR. Ir. Erna Witoelar yang mewakili Filantropi Indonesia; 3) Dra. Nina Sardjunani, Perwakilan Kementerian PPN/Bappenas; 4) Ir. Taufik Hidayat, MM., MEP selaku Kepala Bappeda Provinsi Lampung; dan 5) Asrian Hendi Caya, S.E, M.S dari Universitas Lampung dan dimoderatori oleh Amiruddin Sormin.

 

Harapan utama dari pelaksanaan kegiatan ini adalah tersampaikannya dan dipahaminya agenda SDGs/TPB kepada stakeholder pembangunan di Provinsi Lampung, khususnya terkait rencana fasilitasi dan pendampingan Sekretariat SDGs Nasional serta UNDP Indonesia dalam pelaksanaan SDGs/TPB di Provinsi Lampung, dengan kegiatan antara lain pemetaan target dan indikator pembangunan, integrasi agenda SDGs/TPB kedalam agenda dan perencanaan pembangunan, serta implementasi SDGs/TPB dan pembuatan dashboard SDGs/TPB.

 

Selain pelaksanaan Launching Localizations SDGS Provinsi Lampung, juga dilakukan peresmian Sekretariat SDGs Provinsi Lampung oleh Country Direktor UNDP bersama Kepala Bappeda Provinsi Lampung yang bertempat di Kantor Bappeda Provinsi Lampung. 

Recent Posts
Tags
img