RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN BIDANG SOSIAL BUDAYA


RAPAT KOORDINASI PERENCANAAN PEMBANGUNAN BIDANG SOSIAL BUDAYA

Bidang Perencanaan Pemerintah dan Pembangunan Manusia (P3M) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung menggelar Rapat Koordinasi Perencanaan Pembangunan Bidang Sosial Budaya di Ruang Rapat Bappeda Lantai 3, Kamis (22/02/2018). 

 

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung ini bertujuan menyelaraskan program-program khususnya bidang sosial budaya dari mulai indikator makro sampai dengan pencapaiannya.

 

Kepala Bidang P3M Bappeda Provinsi Lampung Fitrianita Damhuri sebagai pemimpin rapat memaparkan permasalahan-permasalahan terkait sosial budaya di Provinsi Lampung. "Di Rakor sebelumnya sudah dibuat roadmap atau proyeksi beberapa indikator, salah satunya proyeksi pencapaian IPM. Jadi, diasumsikan kita akan mampu meningkatkan nilai IPM jika Kabupaten/Kota mampu mencapai nilai proyeksi tersebut," ungkap Fitri.

 

Selain itu, lanjut Fitri, peningkatan pencapaian TPB/SDG’s juga tidak kalah kaitannya dengan Bidang Sosial Budaya. Sesuai dengan Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dimaksudkan untuk menjawab tuntutan kepemimpinan dunia dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan, dan perubahan iklim dalam bentuk aksi nyata.

 

Rapat berlanjut dengan diskusi semua perwakilan Kabupaten/Kota mengenai analisa kondisi di daerahnya masing-masing yang telah dilakukan guna menyelaraskan program-program prioritas sebagai solusi dari permasalahan yang dipaparkan, juga sebagai persiapan penyusunan RKPD 2019. Beberapa indeks yang diprioritaskan dalam persiapan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan ini berpedoman pada indikator makro rancangan awal RKPD Provinsi Lampung 2019.

 

Terdapat 3 (tiga) indikator makro dalam RKPD Provinsi Lampung 2019 yang terkait Bidang Sosial Budaya yaitu kemiskinan, IPM dan pengangguran. "Kami harap tiga indikator ini juga menjadi pedoman bagi rekan-rekan di Kabupaten/Kota untuk menyusun RKPD di daerahnya masing-masing," kata Fitrianita mengakhiri rapat. 





Share Berita / Informasi :
Facebook Komen :